Jumat, 06 Januari 2012

Apa Sih Segmentasi Demografi?

Segmentasi Demografi adalah pengelompokan pasar menurut variabel-variabel tertentu, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, jumlah penduduk, ukuran keluarga, pekerjaan, pendapatan, kelas sosial, dan SARA (suku, agama dan ras).

Hal ini disebabkan oleh pendekatan terhadap keinginan konsumen yang berbeda. Misalkan kebutuhan masyarakat ekonomi kelas bawah berbeda dengan kebutuhan masyarakat ekonomi kelas atas. Atau, analogi yang paling mudah, perbedaan kebutuhan anak-anak berbeda dengan kebutuhan orang dewasa.

Contoh produk yang ada saat ini misalkan, produk sabun bayi Cussons, sebelumnya Cussons hanya memproduksi sabun untuk ukuran orang dewasa, tapi karena kulit bayi sensitif dan membutuhkan sabun khusus, Cussons akhirnya memproduksi sabun untuk bayi.



Contoh lainya adalah Gatsby. Gatsby merupakan perusahaan  yang bergerak dalam bidang kosmetik khusus pria. Pada awalnya Gatsby merupakan produsen parfum pria yang akhirnya berkembang dan memproduksi banyak produk kosmetik pria, seperti cologne, sabun cair, deodorant,sabun muka dan styling gel untuk rambut. Produk ini cukup laris di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar