Sabtu, 31 Desember 2011

MAKNA TAHUN BARU 2012

Tahun Baru 2012!!!
Kebanyakan orang merayakannya dengan pesta pora besar, menyalakan kembang api, konvoi, meniup terompet tahun baru, dan melakukan kegiatan menyenangkan lainnya. Namun, tidak semua orang merayakan tahun baru 2012 dengan cara seperti itu. Beberapa memilih di rumah, merayakan tahun baru dengan tenang bersama keluarga, atau melakukan kegiatan ala mereka sendiri (termasuk saya, tahun baru malah nulis blog ..).

Di kota saya, Surabaya, tahun baru dirayakan sangat meriah. Riuhnya kembang api, dan suara sepeda motor yang memekak telinga menghiasi perayaan tahun baru kali ini. Sampai-sampai, rumah saya yang terletak sekitar 500 meter dari jalan raya, bisa mendengar suara knalpot yang 'dibleyer-bleyer' ngga karuan. Meriah memang, tapi menurut saya, itu hal yang tidak berguna, pertama bensin boros, kedua polusi, ketiga berisik bukan main.

Sekarang, coba kita maknai tahun baru kali ini dengan cara yang berbeda. Ada isu, kalau tahun 2012 adalah tahun bencana, malah yang ekstrem, tahun dimana kiamat akan datang (pengaruh film 2012 masih melekat yah). Jujur saja, kita tidak bisa meramalkan apa yang terjadi di masa depan. Namun, apakah tidak harapan untuk tahun 2012? pasti ada!

Bagi orang optimis, tahun baru merupakan kesempatan besar. Dan bisa dibilang, berarti kita telah mendapat kredit satu tahun dari Sang Pencipta. Sekarang tinggal kita bagaimana memanfaatkan waktu satu tahun, melakukan  hal yang bermanfaat untuk kehidupan kita sekarang dan masa yang akan datang. Mengambil peluang, membangun diri yang lebih baik, menggapai tujuan dan cita-cita kita, melunasi segala keinginan dan ambisi kita. Tidak semua orang mendapatkan kredit ini, banyak diantara kita berhenti di tahun 2011, dan tidak semuanya telah mendapat apa yang mereka inginkan di dunia ini. Sebagian berhenti disaat mereka berusaha, yang lain berhenti saat tidak melakukan apa-apa.
Kita bukannya 'ngalub' kalau di tahun 2012 kita bakal mati. Walaupun kita juga tidak tahu, apakah kita dapat satu kredit penuh sampai 1 Januari 2013, atau dipertengahan tahun 2012 kita mendapat satu perhentian. Tapi bagaimana kita bersyukur dengan kesempatan ini, dan tentunya kita harus mempergunakannya dengan sangat baik. Sangatlah bijak, bila kita tidak hanya sekedar ikutan pesta, teriak-teriak "Happy New Year!", dan meniup terompet, namun kita juga mampu memaknai tahun baru ini dengan persiapan kehidupan masa datang. Harusnya kita juga ingat dan mawas diri, bahwa masa depan itu tidak selamanya menyenangkan. Masa depan bisa jadi buruk, dan di luar perkiraan kita. Tinggal kita siap atau tidak menerima sesuatu yang baik atau sesuatu yang buruk, sesuatu yang membangun pribadi kita, atau meruntuhkan karakter kita. Nikmati hidup bukan hanya dengan santai dan 'leyeh-leyeh', tapi kepuasan dari kerja keras kita lebih membahagiakan dari hanya sekedar berdiam dan bernapas.

Di tahun 2012 ini, janganlah kita menjadi lupa diri dan berprinsip 'yang penting happy', tapi jadilah orang yang mawas diri dan senantiasa belajar (saya pun belajar), sehingga kita semakin siap menghadapi dunia yang sudah tua ini.

HAPPY NEW YEAR 2012!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar